Tadzkiraat

Doa untuk Orang Sakit

20:33 Abu Azzam 0 Comments

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit baik itu sakit ringan maupun sakit berat dan itu merupakan bagian dari ujian bagi orang beriman yang akan menggugurkan dosa-dosanya jika dijalani dengan sabar sambil berikhtiar berobat mencari kesembuhan. Namun yang paling penting adalah bahwa yang menyembuhkan adalah Allah bukan obat atau dokter tempat kita berobat. Sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS.dalam mensikapi sakit yang diderita yang diabadikan di dalan Al-Qur'anul Kariim

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

"dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku," (QS Asy Syuraa(26) : 80)

Sementara Rasulallah SAW. mengajarkan juga doa kepada kita ketika menjenguk orang sakit sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits berikut:

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَتَى مَرِيضًا أَوْ أُتِيَ بِهِ قَالَأَذْهِبْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ اشْفِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا قَالَ عَمْرُو بْنُ أَبِي قَيْسٍ وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ وَأَبِي الضُّحَى إِذَا أُتِيَ بِالْمَرِيضِ وَقَالَ جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي الضُّحَى وَحْدَهُ وَقَالَ إِذَا أَتَى مَرِيضًا

Telah menceritakan kepada kami [Musa bin Isma'il] telah menceritakan kepada kami [Abu 'Awanah] dari [Manshur] dari [Ibrahim] dari [Masruq] dari [Aisyah] radliallahu 'anha bahwa apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjenguk orang sakit atau ada orang yang sakit datang kepada beliau, beliau berdo'a: "ADZHIBIL BA`SA RABBAN NAASI ISYFII WA ANTA SYAAFI LAA SYIFAA`A ILLA SYIFAA`UKA SYIFAA`A LAA YUGHAADIRU SAQAMA (Hilangkanlah penyakit wahai Rab sekalian manusia, sembuhkanlah wahai dzat Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada yang dapat menyembuhkan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak membawa rasa sakit)." ['Amru bin Abu Qais], [Ibrahim bin Thahman] mengatakan dari [Manshur] dari [Ibrahim] dan [Abu Adl Dluha] dengan redaksi "Apabila ada orang yang sakit datang kepada beliau." Sementara [Jarir] mengatakan dari [Manshur] dari [Abu Adl Dluha] saja, dia berkata; "Apabila beliau menjenguk orang sakit." (HR. Bukhori)

Mudah-mudahan jika kita sedang menderita sakit Allah segera menyembuhkan kita dengan kesembuhan yang tidak membawa rasa sakit sebagaimana doa yang diajarkan Rasulallah SAW. Sekali lagi yang paling penting  bahwa tidak ada yang dapat menyembuhkan melainkan kesembuhan yang berasal dari ALLAH SWT. Dan mudah-mudahan pula sakit yang kita derita menggugurkan dosa-dosa kita sebagaimana gugurnya daun-daun pepohonan.

Bila ada dari saudara-saudara kita yang sakit marilah kita jenguk mereka dan kita do'akan sebagaimana yang diajarkan Rasulallah SAW. kepada kita.

You Might Also Like

0 komentar: